(0287) 381634/381448
| [email protected]
| -
(0287) 381634/381448
[email protected]
-

Pramuka Garuda: 19 Peserta Didik MTs Negeri 2 Kebumen Dilantik dalam Pengujian


Kebumen, 13 Januari 2024 - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kebumen melaksanakan Pengujian, Penilaian, dan Pelantikan Pramuka Garuda susulan untuk Golongan Siaga, Penggalang, Penegak/Pandega Tahun 2024. Sebanyak 19 peserta didik dari MTs Negeri 2 Kebumen mengikuti uji Pramuka Garuda yang berlangsung di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Kebumen.


Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Prosedur pengajuan permohonan untuk mengikuti uji kelayakan Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.


Peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya dan memenuhi persyaratan dapat mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya. Kwartir kemudian mengevaluasi kelayakan peserta didik dari segi mental dan persyaratan lainnya. Setelah dinilai cakap, calon Pramuka Garuda akan wawancara oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat.


Dalam Program Kerja Kwartir Cabang Kebumen Tahun 2023, Pengujian, Penilaian, dan Pelantikan Pramuka Garuda telah dilaksanakan. Namun, beberapa peserta pengujian belum dilantik dan tidak lulus. Oleh karena itu, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kebumen memutuskan untuk mengadakan Pengujian, Penilaian, dan Pelantikan Pramuka Garuda susulan untuk Golongan Siaga, Penggalang, Penegak/Pandega Tahun 2024.


Hari ini, kita dapat bersyukur karena 19 peserta didik MTs Negeri 2 Kebumen telah dilantik sebagai Pramuka Garuda. Proses pelantikan dilakukan oleh Ketua Kwarcab H. Ahmad Ujang Sugiyono, S.H., menandai pencapaian luar biasa dari para peserta didik yang telah melewati uji kelayakan dengan sukses.


Dengan pelantikan ini, diharapkan para Pramuka Garuda mampu menjadi panutan dan memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan gerakan Pramuka di tingkat lokal maupun nasional. Selamat kepada para Pramuka Garuda yang baru dilantik, semoga dapat memberikan inspirasi bagi generasi Pramuka yang akan datang.


Penulis : Joko Wibowo

Sumber : Trias & Dwi Andana

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 2 KEBUMEN