(0287) 381634/381448
| [email protected]
| -
(0287) 381634/381448
[email protected]
-

MTs Negeri 2 Kebumen Gelar Peringatan Idul Yatama dengan Santunan Anak Yatim


Kebumen, 16/07/24 – MTs Negeri 2 Kebumen memperingati Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim yang jatuh pada tanggal 10 Muharam dengan menggelar acara santunan bagi siswa yatim dan piatu. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan upacara MTs Negeri 2 Kebumen, Jalan Cendrawasih Nomor 17 C Tamanwinangun, Kebumen, pada pukul 07.00 pagi.


Peringatan Idul Yatama ini dimulai dengan apel pagi yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX. Penyerahan santunan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Madrasah, Bapak Wahyono Hadi Susilo, S.Pd., MP. Mat. Santunan yang diberikan berasal dari donasi pihak madrasah serta sumbangan dari guru dan karyawan.


Kegiatan menyantuni anak yatim ini dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan anjuran dari Nabi Muhammad saw. yang menyebutkan bahwa amalan pada hari Asyura (10 Muharam) memiliki keutamaan khusus. Dalam hadis Rasulullah saw. disebutkan, “Barangsiapa berpuasa pada hari Asyura (tanggal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada. Dan barangsiapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya.”


Lebaran Anak Yatim, sebagaimana dikenal dalam tradisi masyarakat Indonesia, merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk menunjukkan kasih sayang dan kepedulian kepada anak yatim. Tradisi ini mencerminkan kebahagiaan anak yatim yang mendapat perhatian dan kasih sayang lebih pada hari Asyura. Mengusap kepala anak yatim secara kinayah diartikan sebagai perilaku penuh kasih sayang dan kelembutan, yang ditunjukkan melalui pemberian santunan dalam bentuk sandang, pangan, papan, dan pendidikan.


Peringatan Idul Yatama di MTs Negeri 2 Kebumen diharapkan dapat memberikan kebahagiaan dan rasa aman bagi siswa yatim dan piatu, serta menanamkan nilai-nilai kepedulian dan kasih sayang dalam diri seluruh warga madrasah.

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 2 KEBUMEN